Selalu ada cerita dari setiap hal kecil yang kita lakukan. Jadi, buatlah cerita yang baik :)

Followers:

Kamis, 22 September 2011

Saat ini saya kuliah di IT Telkom Bandung dengan jurusan S1 Sistem Informasi. Saya masuk kuliah pada tahun 2008 dan pada saat itu pula jurusan S1 Sistem Informasi memiliki angkatan pertama, ya boleh dibilang saya dan teman-teman SI 2008 adalah angkatan pertama di sini.

Menurut buku Panduan Mahasiswa Institut Teknologi Telkom 08|09, Program Studi S1 Sistem Informasi dibuka berdasarkan Keputusan Meteri Pendidikan Nasional (MENDIKNAS) Republik Indonesia Nomor 235/D/O/2007 Tanggal 30 November 2007. Sama seperti program studi S1 yang lain, S1 Sistem Informasi dirancang dengan total beban sks sebanyak 145 dengan ditempuh selama 4 tahun atau 8 semester. Namun apabila mahasiswa ingin menempuhnya selama 3,5 tahun / 7 semester, hal ini tentu difasilitasi dengan tetap menjaga IP tiap semester untuk tidak di bawah 3,00. Program Studi ini berada di bawah naungan 1 fakultas, yaitu Fakultas Rekayasa Industri yang di dalamnya terdapat program studi lain yang sudah terlebih dahulu ada, yaitu Teknik Industri.

Dengan membentuknya program studi baru ini, tentu saja ada visi, misi, dan tujuan yang dibentuk. Visi, misi, dan tujuan dari Program Studi S1 Sistem Informasi adalah sebagai berikut:

Visi
Menjadi Program Studi Sistem Informasi unggulan yang mampu menyediakan tenaga ahli yang kompeten dalam pengelolaan industri infokom.

Misi
Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian, dan mendukung pelaksanaan layanan kepada masyarakat dan industri infokom melalui pemberdayaan sumber daya secara optimal, mandiri, dan mampu bekerja sama dengan pihak lain untuk menjamin perkembangan dan peningkatan kualitas, akuntabilitas, fungsi dan peran jurusan.

Tujuan
Menghasilkan lulusan yang:
  1. Mengembangkan sumber daya manusia sehingga memiliki wawasan akademik dan berkompeten di bidang system informasi, manajemen, dan teknologi informasi.
  2. Mengembangkan kemampuan yang dibutuhkan untuk merancang system informasi yang efektif dan efisien dari suatu organisasi dan bisnis dengan mengimplementasikan teknologi informasi terkini dalam berbagai aplikasi.
  3. Membina mahasiswa agar memiliki kemampuan berpikir secara analitis, kritis, berkomunikasi yang baik dan etika professional.

Ya, seperti itulah sekilas mengenai profil jurusan saya “Sistem Informasi” di Kampus IT Telkom. Mungkin hampir sama dengan Jurusan Sistem Informasi di kampus teman-teman lainnya yang tersebar di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar