Selalu ada cerita dari setiap hal kecil yang kita lakukan. Jadi, buatlah cerita yang baik :)

Followers:

Senin, 26 Desember 2011

Seperti janji saya sebelumnya, saya akan melanjutkan mengenai materi yang saya dapatkan dari training kemarin. Kalau sebelumnya mengenai Supply Chain Management, kali ini akan lebih mengerucut, mengenai Logistic Management.

Kalau sebelumnya telah dijelaskan bahwa SC itu jaringannya, logistik disini adalah apa yang terjadi di SC tersebut. Logistik ini bisa lebih diartikan sebagai proses perencanaan, pengimplementasian, dan pengontrolan agar aliran dari barang atau informasi bisa efektif dan efisien. Dalam hal ini, SC dan logistik tidaklah berbeda, karena antara SC dengan logistik memiliki istilah-istilah yang equivalen.

Jadi boleh ditekankan bahwa sistem logistik itu merupakan aliran barang maupun informasi baik mulai dari supplier-customer maupun sebaliknya.


Seiring berkembangnya jaman, logistikpun mengalami berbagai perkembangan. Berikut ini merupakan evolusi dari logistik:
Pada tahun 1950-an muncul istilah “Workplace Logistics”. Workplace Logistics adalah aliran material di sebuah stasiun kerja. Objektif dari Workplace Logistics adalah mengatur aliran benda kerja sehingga siap untuk diproses. Pada tahun 1960-an muncul istilah “Facility Logistics”. Facility Logistics adalah aliran material diantara stasiun kerja yang ada dalam sebuah fasilitas industry. Lalu di tahun selanjutnya, yaitu sekitar tahun 1970-an dikenal dengan “Corporate Logistics”. Corporate Logistics adalah aliran material dan informasi diantara fasilitas dan proses di dalam perusahaan. Lalu selanjutnya adalah “Supply Chain Logistic” disekitar tahun 1980-an. Supply Chain Logistic merupakan aliran material, informasi, dan uang diantara korporasi. Lalu yang berkembang di tahun-tahun terakhir ini adalah “Global Logistic”. Global Logistic itu sendiri adalah aliran material, informasi, dan uang antar negara. Contoh perusahaan yang sudah menerapkan ini adalah perusahaan jasa kargo, seperti TIKI.

Fungsi-fungsi yang ada pada logistik antara lain adalah:
  1. Purchasing/procurement (pengadaan barang) 
  2. Inventory control
  3. Warehousing (pergudangan)
  4. Material handling
  5. Facility location / network design
  6. Transportation
  7. Customer service
  8. Order processing
    Seperti itulah kira-kira materi yang didapat mengenai Logistic Management. Menurut saya, Logistik ini sangatlah menarik. Berminat dengan logistik?? Pelajarilah dan rasakan sensasinya :)

    Sumber: Modul "Supply Chain Management-Overview Training" Bapak Budi Santosa..

0 komentar:

Posting Komentar