Selalu ada cerita dari setiap hal kecil yang kita lakukan. Jadi, buatlah cerita yang baik :)

Followers:

Senin, 26 Desember 2011


Posting baru, tema baru. Untuk kali ini, saya akan mencoba melakukan review mengenai salah satu mata kuliah pilihan yang saya ambil di semester ini (semester 7) yaitu, CRM (Customer Relationship Management).

Customer adalah Pelanggan, Relationship adalah Hubungan, dan Management adalah Manajemen. Jadi, yang bisa saya tangkap selama 1 semester ini mengenai penjelasan CRM adalah bahwa CRM merupakan suatu bentuk usaha ataupun kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan atau seseorang untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan agar pelanggan bisa tetap loyal kepada perusahaan. Banyak cara yang bisa digunakan untuk untuk mempertahankan pelanggan, menarik perhatian pelanggan kembali, atau bahkan meningkatkan keinginan pelanggan.

Ada 3 fase dari CRM yang perlu diketahui, yaitu: 
  • Acquire
Di fase ini lebih ke arah bagaimana cara perusahaan untuk menarik ataupun mendapatkan pelanggan.
  • Enhance
Pada fase ini, perusahaan mencoba melakukan usaha agar pelanggan yang sudah ada dapat naik ke level selanjunya. Usaha yang biasa dilakukan dalam fase ini adalah dilakukannya bundling suatu produk maupun jasa. Pada fase ini seakan-akan pelanggan dianggap lebih istimewa dengan adanya ini.
  • Retain
Pada fase ini lebih dikenal juga dengan fase mempertahankan pelanggan. Disini juga perusahaan mencoba untuk menawarkan produk yang lebih baru dimana produk baru ini pasti lebih baik dari pada produk yang lama kepada pelanggan.

Sumber: Kalakota, Ravi., and Robinson, Marcia. 2000. Ebusiness. Roadmap for Success. USA: Addison Wesley.

0 komentar:

Posting Komentar